Global Var

Monday 30 July 2012

Arti Komputer Grafik ( Pertemuan 1 )


Pengertian Komputer Grafik yaitu
Suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.

Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :
– Input : Sketchpad, mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll
Proses dan Penyimpanan
– Output : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll

Sejarah Perkembangan Komputer Grafik
Awal tahun 60-an dimulainya model animasi simulasi efek fisik.
1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer.
1963 : -Sketchpad (manipulasi langsung, CAD) ditemukan Sutherland (MIT)
    -Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)
    -Mouse oleh Douglas Englebert
1968 : ditemukan Evans & Sutherland.
1969 : Journal SIGGRAPH pertama kaliditerbitkan
1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
1971 : ditemukan Gouraud Shading,
1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
1979 : Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
1982 : Pengembangan teknologi Komputer Grafikuntuk menampilkan partikel.
1984 : Komputer Grafikdigunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi Komputer Grafikdijadikan sebagai nominasidalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
1989 : Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi panjang pertama
Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
Tahun 2000an ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

Semua gambar grafik vektor itu dari formulasi linear
Vektor : 2 titik awal dan akhir
Raster : Sejumlah gambar itu

Pengertian Pixel (picture element). Pixel merupakan satu titik dalam satu grid berbentuk persegi atau juga beribu titik secara individual dirangkai menjadi suatu bentuk image yang dihasilkan pada layar komputer atau pada kertas oleh sebuah Printer bila di print.

Aplikasi dari komputer grafik yaitu :
- Computer Games
- Special effect
- Computer Art
- Scientific Visualization
- Medical Imaging

0 comments:

Comments Utility